Pimpin Upacara Pelantikan dan Sertijab Pejabat Eselon III, Ini Pesan Kajati Maluku

by -126 views

Ambon, Kabaresi.com – Kajati Maluku Rorogo, SH.MH, memimpin upacara pelantikan, pengambilan sumpah dan serah terima jabatan (Sertijab) Pejabat Eselon III di lingkungan Kejaksaan Tinggi Maluku, di aula Kantor Kejati Maluku, Kamis, (25/2/2021).

Pejabat yang dilantik dan diambil sumpah yaitu Mhd. Fatria, SH.MH selaku Asisten Pengawasan menggantikan Edwin Kalampangan, SH yang dimutasikan sebagai Kajari Singkawang, Dian Fris Nalle, SH selaku Kajari Ambon, menggantikan Beny Santoso, SH.MH yang dimutasikan sebagai Asisten Pembinaan Kejati Jawa Barat dan Agustinus Octovianus Mangotan, SH selaku Kajari Maluku Tengah menggantikan Juli Isnur, SH.MH yang dipromosikan sebagai Asisten Pembinaan Kejati Nusa Tenggara Timur.

Berikut, Muhtadi, S.Ag, SH, MA.MH selaku Kajari Buru menggantikan Adhitya Trisanto, SH.MH, yang dimutasikan sebagai Kabag TU Kejati Papua, Gunawan Sumarsono, SH sebagai Kajari Maluku Tenggara Barat menggantikan Mujiarto, SH.MH yang dimutasikan sebagai Kajari Tulung Agung dan I Ketut Terima Darsana, SH sebagai Kabag Tata Usaha menggantikan Sapta Putra, SH, M.Hum yang dipromosikan sebagai Kajari Bungo di Muara Bungo.

Selain itu, Fauzi, SH.MH sebagai Koordinator Kejaksaan Tinggi Maluku menggantikan Adrianus Notanubun, SH yang dipromosikan sebagai Kajari Halmahera Timur di Maba, I Gede Wiratama, SH sebagai Koordinator Kejati Maluku menggantikan Gunawan Sumarsono, SH yang dipromosikan sebagai Kajari Maluku Tenggara Barat, Heri Yulianto, SH.MH yang dipromosikan sebagai Koordinator Kejati Maluku menggantikan Bayu Sugiri, SH yang dipromosikan sebagai Kajari Manggarai di Ruteng dan Pilipus Siahaan, SH.MH sebagai Koordinator Kejati Maluku menggantikan Zulfikar Nasution, SH.MH yang dipromosikan sebagai Kajari Ngada di Bajawa.

Dalam sambutannya Kajati Maluku Rorogo Zega SH.MH menyampaikan beberapa pesan :

Pertama, sebagai umat beragama kita mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, atas segala Rahmat dan karunia-Nya kita masih diberi kesempatan menjalankan tugas dan pengabdian kita,diantaranya pelantikan, pengambilan sumpah dan serah terima jabatan eselon III di lingkungan Kejaksaan Tinggi Maluku.

Kedua, bahwa setiap kali mengucapkan sumpah atau janji bagi semua pejabat sebelum mengemban amanah, melaksanakan tugas dan kewajiban serta tanggung jawab dalam suatu jabatan perlu disadari bahwa semua itu harus dimaknai sebagai sumpah, ikrar atau janji bukan hanya kepada diri sendiri, melainkan juga kepada orang lain, masyarakat bangsa terlebih kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Menurutnya, dalam membuat keputusan pengangkatan, mutasi, promosi, alih tugas, penempatan pada setiap jabatan oleh unsur pimpinan dan pembantu pimpinan Kejaksaan, selalu dilandasi penelaahan dan pertimbangan secara jelas menyeluruh. Tidak sekedar hanya bertujuan sebagai bagian dari upaya mendorong pemantapan profesionalisme, peningkatan wawasan dan pengalaman saja, tetapi juga sangat mempertimbangkan hal penting dan paling esensial berkaitan dengan prestasi, dedikasi, loyalitas dan integritas seseorang, sebagai bagian integral guna mewujudkan komitmen tetap merawat dan menjaga secara konsisten eksistensi serta kebesaran nama dan citra Kejaksaan RI, agar tidak menciderai dan merusak harkat dan martabat lembaga milik kita bersama.

Ketiga, selaku aparat penegak hukum korps Adhyaksa sebagai bagian dari sistem dalam pemerintah, tentang pentingnya kesadaran dan konsisten merepresentasikan janji dan pernyataan bahwa negara akan selalu hadir untuk mengurus, melayani, melindungi dan memberikan rasa aman kepada seluruh warga bangsa tanpa membeda-bedakan suku, asal, agama dan golongan.

“Komitmen dan pernyataan dimaksud mengandung prasyarat bahwa negara harus kuat dan tidak lemah dalam melaksanakan tugas dan tanggung termasuk dalam penegakan hukum yang dituntut menjunjung tinggi keadilan, kebenaran dan kemanfaatan,”tegasnya.

Kajati juga menggingatkan tentang penting dilakukannya konsolidasi diantara segenap personil dan satuan kerja yang berada dalam lingkup kewenangan dan wilayah kerja masing-masing demi terciptanya kondisi harmonis dan menghasilkan sinergitas kesamaan paham dan pandangan yang dapat melahirkan kesatuan pikiran, sikap dan tindakan untuk mendorong akselerasi kinerja dan pencapaian target serta tujuan yang direncanakan.

“Perlu dilakukan monitoring dan evaluasi atas semua langkah, kegiatan, kebijakan yang telah dan sedang dilakukan, guna mencegah terjadinya kegagalan dan menghindari kemungkinan terulangnya peristiwa atau kejadian negatif di masa lalu.”ujarnya.

Terkait hal itu kata Kajati, selayaknya pula kita belajar mengetahui berbagai kekurangan, kelemahan dan kesalahan yang pernah terjadi selanjutnya memperbaiki dan mengembangkan kapasitas organisasi agar menjadi lebih baik, sebagai bentuk upaya peningkatan dedikasi dan prestasi dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

“Dengan demikian kita semakin optimis bahwa penguatan satuan kerja yang sedang kita atau saudara pimpin akan menghadirkan institusi penegak hukum Kejaksaan yang relevan, bernilai guna dan dapat diandalkan walaupun di tengah perkembangan dan keadaan yang sulit sekalipun, akan tetapi mampu berkontribusi memberikan solusi menjawab berbagai tantangan dan persoalan yang sedang dihadapi bangsa, diantaranya situasi pandemi Covid 19, pelemahan perekonomian dan sebagainya,”tandas Kajati.

Kajati juga mengucapkan selamat mengemban tugas dan jabatan baru kepada pejabat yang baru dilantik dan kepada pejabat yang lama selamat mengemban tugas dan jabatan di tempat yang baru disertai penghargaan dan terima kasih atas hasil kerja yang telah dicapai dengan baik yang telah dilaksanakan di Wilayah Kejaksaan Tinggi Maluku selama ini.

“Kita menaruh harapan dalam mengemban jabatan baru, pejabat baru semakin meningkatkan semangat dalam menjalankan tugas, fungsi dan kewenangan, dengan lebih giat dan lebih baik lagi. Jabatan dan tugas yang dipercayakan kepada kita dalam kapasitas, posisi apapun dan di manapun hendaknya disadari adalah merupakan amanah yang wajib diemban, dilaksanakan dan dijaga dengan arif penuh tanggung jawab,”tambah Kajati. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *