Walikota Tinjau Sejumlah Lokasi Bencana

by -144 views

Ambon – Walikota Ambon Richard Louhenapessy, Senin (12/7/2021) meninjau sejumlah lokasi bencana longsor yang terjadi akibat hujan yang mengguyur Kota Ambon beberapa hari terakhir ini.

Kepada wartawan, Walikota yang didampingi Wakil Walikota Syarief Hadler dan Sekertaris Kota (Sekot) AG Latuheru mengaku, akibat hujan deras  yang mengguyur Kota Ambon mengakibatkan lonsor pada 10 titik.

“Kita turun tinjau sejumlah titik bencana yang terjadi di Kota Ambon, akibat tingkat curah hujan yang tinggi. Dari hasil tinjauan itu ternyata ada beberapa yang paling parah, misalnya saja di Halong dan Hatiwe Besar, selebihnya tergolong berdampak ringan tetapi juga ada beberapa daerah pegunungan yang juga mengalami longsor yang serius,”ungkapnya.

Kendati begitu, Ia mengaku bersyukur, sebab bencana yang terjadi tak menimbulkan korban jiwa.

“Kita tau bahwa di tahun 2012 dan 2013, pernah juga mengalami bencana yang cukup serius, tapi kali ini memang ada bencana tapi tidak ada korban jiwa,”ujarnya.

Terkait bencana ini kata Walikota, pihaknya sementara berkoordinasi dengan instansi teknis terkait, agar bisa mengetahui mana porsi pemerintah pusat, pemerintah provinsi maupun pemerintah kota dalam proses penanganan.

“Kita dorong lewat BNPB maupun instansi teknis, misalnya di Halong itu jalan nasional, sehingga jadi tanggung jawab Balai Jalan. Tapi kalau ada jalan satu daerah yang rawan dan itu porsi pemkot, itu kita segera akan ambil langkah darurat,”tambahnya.

Ia juga mengaku telah meminta kepada seluruh camat dan lurah, untuk melakukan pendataan masyarakat yang terdampak akibat bencana, agar segera diambil penyaluran bantuan. (Acl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *