20 Anggota Yonif 731/Kabaresi Tiba di Kabupaten Aru, Ini Tugas Mereka

by -182 views

Dobo – Sebanyak 20 anggota TNI AD dari kesatuan Yonif 731/Kabaresi yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Pulau Terluar (Satgas Pamputer), dengan menggunakan KRI Teluk Hading 538, tiba di Dermaga Yos Sudarso Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Kamis (30/9/2021).

Personil TNI AD tersebut akan bertugas di Pos Pulau Penambulay, Kecamatan Aru Tengah dan Pos Pulau Batugoyang Kecamatan Aru Selatan Timur, untuk mengamankan dua pulau terluar di wilayah penghasil ikan terbesar itu.

Selama bertugas di Aru untuk kurun waktu dua tahun, mereka mendapat pendampingan dari Pasi Intel satgas Pamputer Lettu Inf. Usrin Sanduan selaku komandan Satgas.

Pantauan Kabaresi.com, kehadiran mereka disambut baik oleh Komandan Pangkalan TNI AL Aru, Letkol Laut (P) Choirur Roziqin, S.H., M.Tr (Hanla).M.M yang didampingi KKM Kal Pulau Trangan III-09-06 Lettu Laut (T) Silaban dan Tim merflu Lanal Aru.

Danlanal Aru, Letkol Laut (P) Choirur Roziqin pada kesempatan itu menyampaikan selamat datang kepada satgas pamputer di wilayah Kepulauan Aru.

“Perlu kita ketahui bersama bahwa pengamanan pulau-pulau di Indonesia yang berada di perbatasan adalah tugas negara. Tunjukan bahwa prajurit yang bisa di andalkan untuk tugas negara dengan penuh semangat disiplin yang tinggi. Harus belajar adat istiadat di sini, berikan contoh yang baik dimana pun berada serta hindari pelanggaran sekecil apapun, ” pesannya.

Sementara itu, Dandim 1503/Tual Letkol Inf. Mario C. Noya mengatakan, mengingat kondisi cuaca yang belum stabil sehingga para prajurit diharapkan tetap memperhatikan faktor keamanan dalam melakukan pergeseran pasukan ke pos-pos.

“Laksanakan tugas dengan baik, hindari permasalahan sekecil apapun dan berkunjung ke masyarakat setempat wajib memakai pakaian dinas dan kenali lebih dekat masyarakat sekitar, serta dapat memberikan contoh yang baik kepada masyarakat kita,”tegasnya.

Ditegaskan pula, dalam pelaksanaan tugas sebagai Satgas Pamputer, seluruh personil yang hadir di wilayah Kepulauan Aru harus mengedepankan rasa tanggung jawab.

“Laksanakan tugas dengan hati. Bergaul dengan masyarakat secara baik, jangan mengambil keuntungan yang pada ujung – ujungnya akan menimbulkan permasalahan antara prajurit sekalian dengan masyarakat,”tambahnya.

Lebih lanjut Letkol Inf. Mario C. Noya mengingatkan para Komandan Pos (Danpos) untuk selalu mengingatkan anggotanya untuk wajib mendengarkan perintah Danpos-nya, sehingga tugas ini dapat terlaksanakan dengan baik. Dan kepada Para Danpos, diingatkan untuk memperhatikan kesejahteraan anggotanya.

“Pelihara hubungan baik antara sesama anggota, dan jika ada permasalahan, segera koordinasi dengan Danramil setempat, dalam hal ini Danramil 1503-03/Dobo dan  Danramil 1503-04/Jerol,” tutup Letkol Inf. Mario C.Noya. (J.DJILARPOIN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *