Untuk Tugas Kearsipan, Awan : ANRI Akan Latih Admin Semua OPD Bursel

by -103 views
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Buru Selatan, Abubakar Awan.

Namrole – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) Abubakar Awan mengaku, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Dinas yang dipimpinnya, yang selama ini berjalan hanya bidang Perpustakaan terkait literasi dan sebagainya saja.

Sementara bidang Kearsipan itu masih mandek, karena terkendala sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki.

“Jujur saja di Kabupaten Bursel untuk bidang Kearsipan itu mandek, karena terkendala SDM,”ungkap Abubakar Awan kepada Kabaresi.com, Kamis (7/10/2021).

Terkait hal itu, dirinya mengaku sudah bangun komunikasi dengan Lembaga Arsip Nasional Republik Indonesi (ANRI) di Jakarta, agar tenaga yang kita miliki dapat dilatih mereka. Dan itu itu harus dilakukan, karena juga terkait dengan Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistim Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Karena begitu pentingnya kearsipan ini, maka kami minta petunjuk dari ANRI dan sekaligus mereka melatih kita, supaya kearsipan kita ini harus berjalan sebagaimana mestinya,”ujar Awan.

Untuk aktivitasnya kata Awan, pihaknya sudah minta admin dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bursel, untuk kemudian juga dilatih oleh ANRI.

“Soal waktunya, kami sedang menunggu jawaban dari pihak ANRI. Mungkin saja bisa beberapa minggu kedepan, itu tergantung ANRI saja, sehingga admin di setiap OPD dapat dilatih terkait tugas kearsipan itu sendiri,” tambah Awan. (AK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *