Bupati dan Ketua DPRD Bursel Hadiri Munas Aspeksindo II di Belitung

by -151 views

Namrole – Bupati Buru Selatan (Bursel) Safitri Malik Soulisa dan Ketua DPRD Muhajir Bahta, mengikuti Musyawarah Nasional (Munas) II Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) di Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Bupati dan Ketua DPRD Bursel tersebut didampingi empat pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bursel, yakni Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Kominfo dan Bagian Pemerintahan Setda Bursel.

Munas Aspeksindo II yang dibuka Wakil Presiden (Wapres) RI KH Maruf Amin, Jumat (8/10/2021), terasa berbeda dari biasanya, karena dilaksanakan di atas KRI Semarang 594 milik TNI AL.

Dalam sambutannya, Wapres menegaskan posisi Indonesia kedepan akan sangat strategis dalam peta perdagangan dunia (world trade). Hal ini disebabkan karena 90 persen perdagangan global dimobilisasi lewat laut, dan 40 persen diantaranya melewati perairan Indonesia.

Itu artinya, Aspeksindo punya peran signifikan dalam peta pembangunan, baik secara nasional maupun global.

Sementara itu, Ketua Umum Aspeksindo, Abdul Gafur Mas’ud, yang juga Bupati Penajam Paser Utara, provinsi Kalimantan Timur,  dalam sambutannya mengatakan, Indonesia menjadi poros maritim dunia.

“Saya menginginkan Indonesia menjadi poros maritim dunia. Hal ini melihat kondisi dan letak geografisnya sangat mendukung dengan berbagai potensi,”ujarnya.

Dikatakannya, walaupun Aspeksindo baru berumur empat tahun, tapi berkat 333 kabupaten yang tergabung, asosiasi ini akan menjadi wadah bangsa di luar political will seorang kepala daerah.

Namun demikian menurutnya, ada beragam potensi yang belum tergarap dengan maksimal. Bahkan klaim pulau terluar oleh negara lain menjadi kendala.

Oleh karena itu, perlu adanya sinergi yang dibangun bersama kementerian ataupun lembaga seperti ATR BPN dan Kemenkumham.

Pada kesempatan itu, dirinya juga berterima kasih kepada Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono atas kehadiran dan sinergi pihak TNI Angkatan Laut, sehingga Munas II Aspeksindo ini bisa berlangsung di atas KRI Semarang 594.

Hadir dalam kegiatan ini, Wamen Kemenkumham Eddy OS Hiariej dan Wamen ATR BPN Surya Tjandra, Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan, Kapolda Babel Irjen Pol Anang Syarif Hidayat, Bupati Belitung Sahani Saleh, serta tamu undangan lainnya. (AK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *