Tanyakan Kebijakan Ketua, 20 Anggota DPRD Kota Ambon Kirim Surat

by -622 views
Ketua DPRD Kota Ambon, Ely Toisuta S.Sos.

Ambon –  Anggota DPRD Kota Ambon, mulai tidak percaya dan meragukan kepemimpinan Elly Toisuta,  sebagai Ketua DPRD Kota Ambon.

Terbukti, 20 dari 35 anggota DPRD yang tergabung dalam sembilan fraksi tersebut sudah menandatangani surat yang dikirim kepada Ketua DPRD asal Partai Golkar tersebut.

Surat itu tujuannya meminta ketua DPRD segera melakukan rapat internal, untuk membahas sejumlah permasalahan yang ada, termasuk sejumlah kebijakan ketua dewan selama masa pandemi Covid-19.

Pasalnya, ada sejumlah kegiatan termasuk penggunaan anggaran, itu dilakukan mengatasnamakan DPRD Kota Ambon, namun itu tanpa sepengatahuan anggota, hanya dengan kebijakan Toisuta sebagai ketua DPRD Kota Ambon, dan itu dinilai sudah melanggaran aturan.

“Surat itu sudah di kirim kepada ketua DPRD ibu Elly Toisuta sekitar tiga minggu lalu, namun belum ada tanggapan. Apalagi, sudah lama kita tidak melakukan pertemuan internal,” ungkap  sumber Kabaresi.com, Rabu (27/10/2021).

Sumber itu mencotohkan,“Misalnya saja keberangkatan pimpinan dewan keluar daerah, itu dilakukan berulang kali selama tahun 2021 dimasa pandemi Covid-19, namun tak jelas keperluan dan kepentingannya untuk apa. Termasuk ada juga kegiatan lain yang dilakukan secara diam-diam, hanya dengan kebijakan ketua dewan,” ujarnya.

Bahkan yang terakhir ini ujar sumber tersebut, Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Ambon yang diketuai ketua DPRD Elly Toisuta, saat ini berada di kota Depok dan Bogor Jawa Barat, selama enam haril, dengan dengan keperluan dan kepentingan yang tak jelas.

Padahal, keberangkatan baik pimpinan maupun Banggar DPRD tersebut menggunakan anggaran DPRD Kota Ambon. “Anggota DPRD jadi bingung, karena semua dilakukan hanya dengan kebijakan ketua dewan,”ujarnya dengan keheranan.

Sejumlah anggota DPRD Kota Ambon yang ditemui di Baileu/rumah rakyat Belakang Soya Ambon, mengaku tidak tau soal keberangkatan mereka (Banggar, red) sebab keberangkatan mereka juga tanpa sepengatahuan kami sebagai anggota.

“Berangkat saja secara diam-diam, apalagi untuk kepentingan dan keperluan apa, jujur kami tidak tau,” tegas mereka.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Ambon Elly Toisuta saat di telpon untuk konfirmasi masalah tersebut, yang bersangutan tidak mau menerima telpon.

Namun saat dikirim pesan melalui WhatsAPP, untuk minta konfirmasi surat ke-20 anggota DPRD kepada dirinya, Toisuta melalui WhatsAPP mengatakan, “Mhn maaf Bu..untuk itu bt no coment dulu ya..mohon maaf sebelumnya,”ujar Toisuta. (Acl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *