Kasus DPRD Ambon Masih Penyelidikan, Kajari : Uang Yang Dikembalikan Rp. 1, 9 M

by -119 views

Ambon – Kasus DPRD Kota Ambon terus mendapat sorotan masyarakat, yang mendesak pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Ambon untuk segera tuntaskan kasus tersebut.

Tidak tahan dengan “gempuran” masyarakat lewat media masa, akhirnya, Jumat pagi (14/1/2022) Kejari Ambon akhirnya melakukan jumpa pers.

Di depan awak media, Kajari Ambon Dian Fris Nalle, SH mengatakan, kasus DPRD Kota Ambon tidak pernah mandek, tetapi masih dalam tahap penyelidikan.

Bahkan katanya, uang sejumlah Rp. 1,9 Milliar sudah dikembalikan ke kas Pemkot, dengan perincian Rp. 1,5 Milliar dari hasil temuan BPK, sedangkan sisanya Rp. 400 juta dari bendaharawan.

Ditanya, uang Rp. 1,5 M yang dikembali tersebut, apakah dari Pimpinan DPRD atau pihak lain, Kajari hanya menjawab secara normative, seraya mempersilakan wartawan untuk menanyakan langsung ke Pemkot atau bendaharawan, karena menurut Kajari pihaknya juga mendapatkan bukti Surat Tanda Setoran (STS) dari pihak Sekertariat DPRD.

Namun saat ditanya, apakah ketika uang sudah dikembalikan, maka kasusnya bisa di hentikan, dengan nada agak tinggi, pria asal NTT ini minta supaya semua bersabar, karena kasus ini belum di expose jadi belum ada kesimpulan.

Nalle mengaku, expose akan dilakukan bersama Pimpinan Kejati Maluku, seperti yang termaktub dalam SE Kejaksaan Agung.

Untuk diketahui, selama sebulan terakhir ini, sudah sebanyak 34 orang anggota DPRD termasuk pimpinan, 40 orang ASN, Swasta 3 orang yang sudah diperiksa sebagai saksi oleh penyelidik.

Dan saat ini sedang lakukan pe meriksaan kepada panitia lelang, dan masih ada lagi 5 orang yang akan dipanggil untuk di periksa penyidik Kejari.

Kajari berjanji akan berlaku transparan terhadap kasus ini, dan berusaha meyakinkan masyarakat agar tetap memonitor kinerja aparatnya supaya kasus ini bisa tuntas sesuai ketentuan yang berlaku.

Dalam jumpa pers tersebut, Kajari didampingi Kasi Pidum Azit Latuconsina, SH, Kasi Pidsus Eka Palapia, SH dan Kasi Intel, Djino Talakua SH. (K-06)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *