BPBD Bursel Bagi 500 Masker Kepada Warga Kota Namrole

by -98 views

Namrole – Dalam rangka memperingati Bulan Pengurangan Risiko Bencana (BPRB), sehubungan dengan adanya potensi cuaca buruk, baik itu di wilayah provinsi Maluku maupun wilayah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) khususnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bursel menggelar aksi-bagi 500  masker.

Aksi bagi masker gratis yang berlangsung, Sabtu (9/10/2021) tersebut, dilaksanakan di tiga titik pusat kota Namrole, Ibukota Kabupaten Bursel, yakni jalan depan kantor Bupati Lama, PT Bank Maluku dan depan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Pembagian masker tersebut untuk dapat mengantisipasi cuaca buruk, mengingat wilayah Bursel dan Maluku pada umumnya sedang diperhadapkan dengan hujan deras dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai dengan kilat- petir dan angin kencang.

Himbawan ini disampaikan Sekertaris Daerah (Setda) Bursel, Iskandar Walla, SE. MSi atas nama Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bursel, dimana cuaca buruk dan hujan deras serta gelombang tinggi dan dahsyat.

“Perubahan cuaca di kabupaten Bursel saat ini, dikuatirkan bisa terjadi gempah bumi,”ungkapnya.

Terkait itu, Sekda himbau seluruh masyarakat Bursel yang mendiami Negeri Lolik Lalen Fedak Fena, untuk selalu waspada saat beraktivitas, baik Darat, Laut maupun Udara.

Dikatakan, terus memantau dan berikhtiar atas potensi cuaca buruk berpengaruh terhadap jarak pandang secara tiba-tiba, termasuk menimbulkan banjir, tanah lonsor, genangan air, pohon tumbang, dan abrasi pantai yang akan menimbulkan terjadinya banjir bandang.

Ajak Walla,  “Ayoo katong samua sama – sama jaga kesehatan dan jaga keselamatan diri kita dan keluarga, termasuk Dusun, Desa, Kecamatan dan Kabupaten serta Provinsi Maluku yang kita cintai,”ujarnya.

Kepada warga dimminta,  bilamana mendengar atau melihat warga yang terpapar akibat kejadian bencana alam, kiranya dibantu sesuai batas kemampuan yang dimiliki dan selanjutnya kejadian itu dapat diinformasikan kepada pihak BPBD atau pihak terkait. (AK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *