Terkait Temuan BPK Belasan ASN DPRD Sudah Diperiksa, LIRA : Jaksa Jangan Tebang Pilih

by -227 views

Ambon – Kejaksaan Negeri (Kejari) Ambon, Kamis (25/11/2021) melanjutkan pemeriksaan terhadap empat orang saksi, terkait kasus temuan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) atas kerugian negara milyaran rupiah pada APBD 2020 DPRD Ambon.

Kasi Intel Kejari Ambon Djino Talakua mengatakan, ke-empat orang saksi yang diperiksa, yakni ES, Asisten 1 Sekot Ambon (mantan Sekwan DPRD), serta YS, MY dan AS pegawai sekretariat DPRD Kota Ambon. Khusus untuk saksi YS dan AS di periksa dari jam 09.00 – 15.00 WIT.

Sampai hari ini penyidik Kejari Ambon telah melakukan pemeriksaan terhadap belasan ASN DPRD dan tiga pengusaha sebagai pihak ketiga dalam kasus itu.

Ini mebuktikan keseriusan Kejari Ambon dalam penanganan kasus yang kini menjadi sorotan publik tersebut.

Menanggapi hal itu, Korwil LSM LIRA Maluku Jan Sariwating selain memuji kinerja Kejari, juga meminta jaksa agar tidak lakukan tebang pilih dalam penanganan kasus yang merugikan negara milyaran rupiah tersebut.

Sebab, saat ini masyarakat sedang mengikuti proses penanganan kasus oleh Kejari Ambon. “Kejari jangan main mata dengan oknum anggota dan pimpinan DPRD Ambon yang dengan sengaja menikmati uang negara tersebut,”pintanya.

Apalagi, pemeriksaan yang dilakukan sampai hari ini, hanya menyasar ASN DPRD dan sementara tak satupun oknum anggota dan pimpinan DPRD Ambon, belum dilakukan.

Padahal, nama-nama tersebut sudah disebutkan dalam temuan BPK, dan sudah disebar luaskan di sejumlah media dan itu sudah diketahui masyarakat luas, sehingga Kejaksaan akan dinilai berlaku tidak adil.

“Artinya, siapapun yang terlibat harus diperiksa dan di bawa ke meja hijau,” tambah Sariwating. (K-7)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *