Tanggapi Puskemas Mako Rusak, Kadinkes Buru: Gedung Lama Sedang Direnovasi Untuk Pindahkan Pasien

by -34 views
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buru, Ny Yulianis Rahim,SKM, M.Kes

Namlea – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buru, Provinsi Maluku, Ny Yulianis Rahim,SKM,M.Kes, akhirnya buka suara menanggapi pemberitaan media ini tentang kerusakan gedung Puskemas Mako, Kecamatan Waeapo.

‘Memang benar gedung dan fasilitas Puskemas Mako mengalami kerusakan, untuk itu pihaknya telah melakukan renovasi gedung lama untuk bisa memindahkan pasien,” ungkapnya kepada media ini, Rabu (24/5/2023).

Dikatakan, renovasi gedung lama Puskesmas saat ini sedang berjalan/dalam proses, agar pasien rawat inap dapat segera di pindahkan untuk mendapatkan pelayanan. “Renovasi gedung tersebut hanya tinggal finising,” ujarnya.

Menurutnya, jika proses pemindahan pasien ke gedung lama sudah selesai dilaksanakan dan pelayanan sudah bisa berjalan, maka selanjutnya gedung baru yang sudah rusak termasuk sejumlah fasilitasnya, anggarannya akan diusulkan lewat pemerintah daerah, karena gedung ini adalah milik pemerintah daerah.

Anggaran yang akan usulkan itu kata Kadis,  dilakukan melalui media untuk di input kedalam Sistim Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), dan setelah  pemda mengeluarkan SIPD, maka akan dilakukan proses tender atau pelelangan, agar gedung yang baru ini bisa dilakukan renovasi secara utuh oleh pihak ketiga/kontraktor yang menang proses lelang.

Terkait minimnya tenaga dokter di Puskemas Mako, Kadis mengaku, saat ini pihaknya sedang membuka pendaftaran untuk dokter yang nantinya akan di tepatkan/bertugas di Puskesmas Perawatan tersebut. “Kami membuka pendaftaran kepada dokter PTT maupun dokter dari P3K,” tambahnya.

Diketahui dalam pemberitaan media ini sebelumnya, hujan yang mengguyur dataran Waeapo, Kabupaten Buru sebulan terakhir ini, berpengaruh terhadap pelayanan di Puskesmas Mako, Kecamatan Waeapo, Kabupaten Buru.

Pasalnya sejumlah fasilitas yang dimilki Puskemas perawatan itu rusak, akibat atap bangunan Puskesmas yang bocor. Hal itu semakin di perparah dengan kondisi sebagian fasiltas Puskesmas sudah tua dan tidak layak pakai.

Kondisi ini menimbulkan keresahan dan dikeluhkan masyarakat dataran Waeapo yang selama ini berobat di Puskesmas tersebut.

Warga menuding Kepala Puskesmas (Kapus) Mako, Efendi Kaunar dan Kepala dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Buru, Ny Lilianis Rahim selama ini terkesan menutup mata terhadap kondisi Puskesmas yang sudah berlangsung cukup lama. (K-11)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *