Kapolres Buru Buka Literasi Digital Segment Pendikan

by -85 views
Kapolres Buru, AKBP Nur Rahman

Namlea – Kapolres Buru, AKBP Nur Rahman membuka dengan resmi kegiatan pengamanan Literasi Digital Segment Pendidikan tahun 2023. Kegiatan tersebut berlangsung di halaman Kantor Bupati, Kamis (25/5/2023).

Kegiatan itu juga dihadiri Dandin 1506/Namlea, Letkol Arh Agus Nur Fujianto, S.Ip,M.Si, perwira Kejaksaan Negeri Buru, para Guru bersama siswa SMP dan SMA sederajat.

Pada saat itu ditampilkan video sambutan Dirjen Kemenkominfo, sekaligus Talkshow oleh tiga  narasumber yakni, Priadi Jauhari, Dr Alim Syariati dan Key Opinior Leader Jacobu.

Disebutkan, Cyberbullng menggunakan teknologi digital, adalah prilaku agresif yang bertujuan dilakukan suatu kelompok menggunakan media elektronik secara berulang-ulang dari waktu ke waktu terhadap seseorang yang dianggap tidak mudah melakukan perlawanan atas tindakan tersebut.

Cyberbullying katanya, merupakan prilaku berulang yang ditujukan untuk menakuti, membuat marah atau mempermalukan mereka yang menjadi sasaran.

“Contohnya menyebarkan kebohongan, mengirim pesan atau ancaman, meniru atau mengatas namakan seseorang dan mengirim pesan  jahat kepada orang lain,”ujarnya.

Dalam hal ini mengirim pesan yang mengancam jejaring sosial diruang obrolan, mengucilkan anak – anak dari game online, aktivitas atau group pertamanan, membuat situs yang berisi kebencian tentang seseorang.

Disamping itu, menghasut anak- anak  maupun anak remaja lainnya untuk mempermalukan seseorang memberikan suara untuk atau menentang seseorang dalam jajak pendapat yang melecehkan.

Selain itu juga, membuat akun palsu, membajak, atau mencuri identitas online untuk mempermalukan seseorang atau menyebabkan masalah dalam menggunakan nama mereka, kemudian memaksa anak-anak agar dapat mengirim gambar sensual atau terlibat dalam percakapan seksual.

“Membuat akun apa saja, agar dapat dibuat sandinya dengan sangat rahasia dan tidak boleh disebarkan luas untuk menjadi netizen yang baik, baru di sebarkan dan jadilah netizan asik yang bijak,’tambahnya.

Dalam sambutanya Kapolres Buru, AKBP Nur Rahman menyampaikan terima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. “Ucapan yang sama juga kepada pihak Kominfo yang bekerja sama dengan gerakan nasional literas digital, sehingga kegiatan berjalan sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Kepada para siswa diharapkan untuk mengikuti kegiatan ini, sehingga bisa belajar bagimanatentang digital untuk masa depan, sehingga  pelaksanaan kegiatan melalui digital bisa dapat berjalan dengan aman tertib dan lancar dan ilmu yang dimiliki ini menjadi bekal dihari esok,” tambahnya.  (K-11)

 

(K-11)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *