Litter Trap Terpasang di Muara Sungai Way Batu Gantong, Akan Diresmikan Gubernur Murad

by -259 views
Litter Trap (perangkap sampah) di muara sungai way Batu Gantong

Ambon – Tiga muara sungai di Kota Ambon, masing-masing Way Batu Gantong, Way Batu Gajah dan Way Batu Merah segera miliki litter trap atau alat perangkap sampah, agar sampah dari aliran sungai tidak masuk ke laut/perairan teluk Ambon.

“Litter trap sudah selesai di pasang di muara sungai Way Batu Gantong dan sedang di lanjutkan pemasangan di muara Way Batu Merah, kemudian nantinya akan dilanjutkan ke muara Way Batu Gajah,” ungkap Kepala Dinas Lingungan Hidup Provinsi Maluku, Drs Roy C Siauta kepada media ini, Kamis (6/7/2023).

Dikatakan, litter trap merupakan teknologi modern penangkap sampah yang sudah dilakukan di sejumlah Negara. “Pemasangan litter trap itu merupakan kerjasama dengan claripers salah satu NGO dari Belanda,”ujarnya.

Pembangunan litter trap kata Siauta, bukan pemecahan masalah penangan sampah yang sesungguhnya selama ini. Artinya, yang seharusnya adalah membangun kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai maupun laut seperti yang terjadi selama ini.

“Karena dengan terbangunnya litter trap ini, diharapkan akan mendorong dan mengedukasi masyarakat, sehingga pada waktunya masyarakat tidak lagi membuang sampah di sungai maupun laut.Sebab jangan sampai masyarakat berfikir bahwa ada litter trap di sana, jadi seenaknya boleh membuang sampah di sungai,”kata Siatua.

Menurut Siauta,  litter trap tersebut akan di remikan oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail bertepatan dengan perayaan hari lingkungan hidup sedunia tahun 2023 tingkat provinsi Maluku, tanggal 11 Juli 2023 mendatang. (K-07)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *