Lapas Ambon Rutin Gelar Layanan Monitoring Kesehatan WBP

by -58 views

Ambon – Layanan visiting/monitoring kesehatan Warga Binaan Pemasyarakat (WBP) rutin dilakukan Lapas Ambon, Kamis (14/10/2021).

Hal ini sesuai UU No 12 Tahun 1995 Tentang Pemayarakatan, khususnya pasal 14 yang menyebutkan, Warga Binaan berhak untuk mendapatkan perawatan, dan mendapatkan pelayanan kesehatan.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu Inovasi Lapas Ambon dalam mewujudkan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara rutin, mengunjungi khususnya blok lansia dan blok hunian lainnya. “Mereka (WBP) dapat konsultasi kesehatan kepada perawat Lapas tentang permasalahan kesehatan yang mereka alami serta kami pun (perawat, red) juga memberikan obat sesuai dengan keluhan,”ujar Yolanda selaku perawat.

Menurutnya, “Program ini dilaksanakan setiap satu pekan dua kali. Biasanya WBP mendatangi klinik kesehatan, sekarang berbeda, Perawat yang mendatangi para WBP untuk Pemeriksaan fisik, Terapi obat-obatan sesuai dengan keluhan sakit,”tambahnya.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut dibarengi dengan Promosi Kesehatan untuk meningkatkan kemampuan WBP melalui pembelajaran diri agar dapat menolong dirinya sendiri serta mengingatkan pentingnya hidup sehat dalam keseharian. Dampaknya membuat Lapas Ambon lebih sehat, dan warga binaan dapat terhidar dari penyakit.

Harapan Kalapas, semoga inovasi ini dapat terus dikembangkan dan ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan dilapangan, “Pihak kami akan terus berupaya memberikan layanan kesehatan khususnya WBP agar selalu terjamin kesehatan dan kenyamanan selama didalam Lapas.” Imbuhnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *