Bebas CB, Napi Lapas Ambon Diminta Tidak Melanggar Hukum

by -49 views

Ambon – Satu Narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon dimintakan tidak mengulangi perbuatan melanggar hokum, usai dibebaskan setelah mendapat program Integrasi berupa cuti menjelang bebas, Kamis (13/1/2021).

Pesan itu disampaikan Kepala Seksi (Kasi) Pembinaan Narapidana dan Anak Didik (Binadik), saat menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada narapida tersebut

“Jangan mengulangi perbuatan yang melanggar hukum. Jika kembali berulah, hak tersebut akan dicabut. Untuk itu, berkelakuan baiklah selama menjalani pembinaan di luar Lapas,”ujarnya.

Dikatakan, program Integrasi berupa pemberian hak CB kepada Narapidana yang telah memenuhi persyaratan, baik administrasi maupun substantif.

“Pemberian hak Intgrasi selalu kami utamakan, yang terpenting narapidana telah memenuhi persyaratan administrasi dan substansi sebagaimana telah diatur oleh undang-undang dan diberikan gratis tanpa dipungut biaya apapun,” tambah Patty.

Sementara itu, Kalapas Ambon, Saiful Sahri mengatakan CB merupakan hak para WBP, namun pelaksanaannya harus selektif, tepat, terpenuhi syarat administratif maupun substantifnya, dan tetap berpedoman sesuai ketentuan yang berlaku.

“CB telah melalui berbagai tahapan, baik validasi data berdasarkan berkas yang ada hingga pemeriksaan data pelanggaran tata tertib yang pernah dilakukan,” urainya

Sebelum pulang ke keluarga, WBP tersebut diantar ke kantor Balai Pemasyarakatan (Bapas) Ambon untuk dilakukan proses serah terima narapidana, dimana pihak Bapas bertindak sebagai pengawas dan pembimbing selama yang bersangkutan menjalani program CB. (K-09)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *