Pimpinan DPRD Maluku Periode 2019-2024, Diresmikan dan Diambil Sumpah

by -90 views
Pimpinan DPRD Provinsi Maluku periode 2019-2024, saat diambil sumpah.

Ambon – Pimpinan DPRD provinsi Maluku masa jabatan 2019-2024, Jumat ( 25/10/2019) diresmikan dan diambil sumpah sesuai SK Mendagri nomor 161.81/97 thn 2019, dalam rapat Paripurna DPRD Maluku, di ruang sidang utama .

Mereka yang dilantik, Ketua Drs Lucky Wattimury, M.Si (PDI-P) dan Wakil Ketua masing-masing,  Richard Rahakbauw, SH (Golkar), Melkianus Sairdekut, S.Hut (Gerindra) dan Abdulah Asiz Sangkala, S.Hut (PKS).

Gubernur Maluku, Murad Ismail dalam sambutannya mengatakan, salah satu tugas awal yang penting dan mendasar, adalah mengkoordinasikan pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

Untuk itu, setelah pelantikan diharapkan segera membentuk Komisi-Komisi, Badan Musyawarah, Badan Anggaran dan Badan Kehormatan dewan.

Kehadiran Alat Kelengkapan Dewan tersebut kata Gubernur, sangat menentukan capaian kinerja dari lembaga ini ke depan, sebab melalui AKD tersebut, maka fungsi-fungsi yang dimiliki DPRD dapat dilaksanakan.

“Saya ingin katakan, bahwa pelantikan ini adalah sebuah amanah istimewa yang diberikan rakyat Maluku kepada PDI-P, Partai Golkar, Partai Gerindra dan PKS. Dikatakan amanah istimewa, sebab walaupun sama-sama sebagai wakil rakyat, namun kedudukan sebagai pimpinan DPRD, secara otomatis menempatkan saudara-saudara sebagai keseluruhan lembaga ini,”ujarnya.

Oleh karena itu kata Gubernur, kepercayaan yang diterima tersebut harus dijawab dengan pengabdian tinggi dan kerja keras yang nyata.

“Gubernur berpesan agar pimpinan yang baru dilantik dapat menentukan arah kerja lembaga tersebut . Oleh karena itu, pimpinan DPRD harus dapat melakukan komunikasi dan koordinasi dan kolaborasi dengan semua pihak, terutama dengan Alat Kelengkapan Dewan lainnya pada lembaga DPRD itu sendiri. Berikut dengan pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota, TNI-Polri, instansi vertikal, BUMD, tokoh agama dan tokoh masyarakat,”ungkap Gubernur.

Gubernur berharap, agar pimpinan DPRD dapat bertanggung jawab untuk memimpin lembaga ini, agar semakin sinergis, serta dapat menunjukan kinerja yang semakin baik, sekaligus menjadi mitra pemerintah daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *