Maju Purba, SH Dilantik Sebagai Wakil Ketua PN Dobo

by -433 views

Dobo – Ketua Pengadilan Negeri (PN) Dobo, Alfian SH melantik dan mengambil sumpah Maju Purba, SH sebagai Wakil Ketua PN Dobo yang baru, Kamis (19/3/2020).

Dalam sambutannya, Ketua PN Dobo, Alfian SH berharap agar Maju Purba dapat membantu dirinya dalam menangani perkara baik perdata maupun pidana.

Apalagi katanya, perkara yang banyak di proses di PN Dobo saat ini, adalah perkara perdata dan uniknya adalah masalah petuanan laut yang mungkin saja hanya ada di Aru dan Maluku, sebab di Jawa tidak ada.

“Perkara Perdata yang unik di Aru ini adalah sengketa laut, sehingga diharapkan dengan dialntiknya pak Purba, bisa membantu pelajari masalah petuanan laut, jangan sampai kita tidak tahu,”ungkap Alfian.

Alfian SH juga mengatakan, “pelantikan wakil Ketua PN Dobo sudah 2 kali dan semoga pak Purba bisa bertahan di Aru,”harapnya.

Alfian mengaku, pihak PN Dobo memiliki kendala, yakni jumlah pegawainya hanya 15, sehingga dalam menangani Perkara juga sangat berat dan terkendala kekurangan tenaga/pegawai.

“Sebagai Ketua ataupun wakil ketua pengadilan, kita juga merangkap sebagai Hakim dan Panitera pengganti,”ujarnya.

Untuk mencegah Virus Covid 19, kata Alfian, pihaknya juga melakukan pembatasan pengunjung saat persidangan perkara hanya 10 orang saja yang diperbolehkan masuk ke ruang sidang dengan duduk jarak 2 meter.

Dirinya berharap, semua pihak dapat mengerti hal ini, bukan karena di sengaja atau melanggar HAM, namun merupakan upaya kita bersama sesuai petunjuk WHO untuk melawan Covid 19.

Pelantikan yang berlangsung di ruang utama PN Dobo dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Dobo, Kapolres Kepulauan Aru, Danlanal Aru, Sekda Kabupaten Kepulauan Aru, tokoh Agama, Tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *