KPUD Tetapkan DPT Pilkada Bursel Sebanyak 47.076 Pemilih

by -15 views

Namrole, Kabaresi.com – Jumlah Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) yang mempunyai hak untuk memberikan suaranya dalam Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Bursel yang terbagi di 6 Kecamatan, 9 Desember mendatang sebanyak 47.076 pemilih.

DPT Kabupaten Bursel tersebut ditetapkan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat dalam rapat terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP), yang berlangsung Kamis sore sampai Jumat dini hari, tepatnya pukul 03.00.Wit (16/10/2020).

DPT Kabupaten Bursel tersebut disahkan oleh KPUD dan Bawaslu, Kapolres Pulau Buru, Kesbang Pol, DisdukCapil dan Tim Penghubung ke-tiga pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati.

Mengawali rapat pleno, Ketua Bawaslu yang diwakili Wakil Ketua, Hesen Pune mengatakan, sebelum penetapan DPSHP menjadi DPT, KPU sebelumnya harus  menindak lanjuti temuan temuan Bawaslu, seperti pemili ganda antara Kecamatan yang satu dengan Kecamatan lain, Desa satu dengan Desa yang, TPS  satu dengan yang lain dan yang tidak mempunyai elemen data agar dapat di singkronisasikan dengan situs KPU sistem daftar pemilih (sidali).

“Jadi  DPT yang sudah ditetapkan dan disahkan oleh KPU Bursel berjumlah 47.076, itu terbagi di 6 Kecamatan, yakni Kecamatan Kepala Madan berjumlah 7.930 orang, Leksula 9.482, Fena Fafan 2.464, Namrole 11.159, Waesama 9.819 dan Kecamatan Ambalau sebanyak 6.222 orang,”jelasnya.

Setelah di sahkan, selanjutnya Ketua KPUD dan 4 Anggota Komisionernya membagikan hasil pengesahan dokumen daftar pemilih tetap itu kepada Bawaslu dan ketiga tim penghubung paslon calon Bupati dan Wakil Bupati.

Komisioner KPUD Bursel Divisi Teknis, Ismudin Booy mengatakan, hasil DPT sudah di tetapkan, tetapi apabila ada masyarakat yang miliki KTP Bursel dan belum terdaftar sebagai pemilih, maka akan memperbaharui data, agar masyarakat juga punya hak menyalurkan hak pilihnya di pilkada nanti. (Adam Kiat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *