Dinas Pendidikan Bursel Tahun 2020 Mendapat Kucuran Dana 4,80 Miliar

by -42 views
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bursel, Edison Biloro.

Namrole, Kabaresi.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Buru Selatan (Bursel) di tahun 2020 ini mendapat kucuran dana untuk Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Afirmasi dan kinerja serta covid-19 sebesar 4,80 Miliar rupiah.

Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kabupaten Bursel, Edison Biloro kepada wartawan, Rabu (14/10/2020) mengakan, dana BOS Afirmasi dan Kinerja tersebut, 3, 100 M diperuntukan untuk 68 sekolah, baik SD maupun SMP di enam Kecamatan se-Kabupaten ini.

“Dari jumlah anggaran tersebut yang sudah kami rincikan dan sudah disalurkan kepada masing- masing sekolah beberapa waktu lalu, sedangkan untuk dana bantuan covid-19 sebesar 900 Juta rupiah, siap akan kami salurkan pada hari jumat tanggal 16 Oktober,”ujarnya.

Menurut Biloro, ini merupakan bantuan pemerintah pusat lewat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Jakarta, untuk pembelajaran secara daring/online yaitu pembelajaran menggunakan model interaktif berbasis internet dengan sistim pengadaan sekolah (sipla).

“Dana ini untuk 68 SD dan SMP di enam Kecamatan yakni Kecamatan Namrole, Leksula, Fenafapan, Kepala Madan, Waesama dan Kecamatan Ambalau, masing masing sekolah menerima 60 juta rupiah,”ujarnya.

Dengan demikian anggaran yang diperuntuhkan untuk dua program, yaitu program Teknologi Informatika meliputi belanja Compiuter, Printer, Infokus, Ipad dan sejumlah prasarana lainnya, sedangkan untuk belanja item covid-19 berupa Termometer atau alat deteksi suhu badan, Masker, Hand Sanitizer dan sejumlah prasarana lainnya.

Ditambahkan Biloro, selain itu di tahun anggaran 2020 ini, ada juga tunjangan profesi Guru untuk enam Kecamatan sebanyak 147 orang, tunjangan penghasilan untuk 438 orang dan tunjangan khusus untuk 224 orang, yang semua masuk dan tercacat pada kas daerah Kabupaten Bursel. (AK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *